Langsung ke konten utama

Sharing 2 Juli 2024

    Hai.. Aku HANI, orang yang dalam hidupnya dipimpin oleh pikirannya, but.... itu dulu. Aku bersyukur, aku menyadari kondisi ini dan mengambil tindakan untuk meruntuhkan tembok yang kubangun dalam pikiran ku. Aku tau bukan aku sendiri yang pernah mengalami ini, mungkin ada banyak orang diluar sana yang sedang mengalami hal yang sama seperti yang aku alami dan kali ini aku mau share bagaimana pergulatan ini dapat kita menangkan. Selamat membaca..!! (btw bacanya sambil dengerin ini yaa Worship Instrumen)

    Hal ini dimulai ketika aku membiarkan pikiran ku menguasai seluruh aspek kehidupan ku, aku membangun angan-angan palsu dalam diriku. Ketika aku kecewa, marah, putus asa terhadap kenyataan hidupku, bahkan ketika aku ga puas sama apa yang aku terima dari kebaikan Tuhan dalam hidupku. Yaa  ini awal mulanya.. aku ngebangun angan-angan palsu tanpa bertindak (atau melakukannya) malahan tanpa sadar aku jatuh dalam lubang gelap (disini aku berusaha membangun kesenangan ku, menghibur diriku dengan cara yang salah. Sampai tanpa sadar hal ini membuat aku menolak pengenalan akan Tuhan dengan benar dalam hidupku. Mungkin yang baca ini agak ga percaya sama apa yang aku sampaikan barusan dan bilang “Masa sih sampe segitunya?” dan mungkin bilang gini “Kamu kan udah pelayanan, dilihat-lihat postingannya holy banget, kek orang kudus masa kamu menolak Tuhan?” atau bahkan ada juga yg bilang gini “Kamu pura-pura ya selama ini?” hhmm inilah prosesku.

    Saat aku membangun angan-angan palsu dalam hidupku, aku terjerumus dengan roh mengasihani diri sendiri, di kala aku kecewa, aku marah dan sedih. Aku berusaha keras menghindari kenyataan bahkan bersembunyi dalam keadaan “me-time” dengan (biasanya aku) tidur, karena disini aku bisa membangun cerita palsu dalam diri ku hanya untuk menyenangkan hatiku, menghibur emosiku dan melupakan apa yang sedang terjadi, padahal seharusnya aku datang berdoa (mengadu) kepada Tuhan bukan?. Lalu selain tidur, cara lainnya adalah dengan menutup telingaku dengan earphone dan dengerin lagu korea dan lagi duniawi yang galau-galau kemudian pikiran ku akan on lagi untuk membangun cerita lainnya untuk melupakan masalah ku, padahal seharusnya aku datang kepada-Nya, baca FIRMAN Tuhan dan temukan jawaban dari masalah ku dalam FIRMAN-NYA bukan?

    Dua hal ini yang kulakukan sampai sampai aku tidak sadar ternyata aku sudah membangun menara, benteng dan kubu pikiran dalam diriku. Aku pikir after aku tidur aku akan baik-baik saja, aku pikir abis denger lagu galau aku baik-baik saja, padahal itu semua adalah kamuflase yang dibangun pikiran ku yang malahan tidak menyelesaikan masalah itu untukku. Aku menumpuk semua itu kedalam lubang gelap yang ada dalam diri ini.

    Aku tau ini tidak mudah dan SANGAT TIDAK MUDAH buat aku secara pribadi bahkan after aku ada taiwan saat ini. Namun aku muak sama diriku yang selalu sembunyi dibalik angan-angan itu hanya karena pikiran ku berkata disitu adalah tempat ku bisa tenang padahal yang sebenernya terjadi adalah aku kabur dari pembentukan Tuhan. Aku muak nurutin apa yang pikiran ku katakan tentang ku.. yang dia bilang:

  • “han kamu ga layak terima beasiswa ini, kamu tuh bodoh ga bisa bahasa inggris aja belagu kuliah dinegeri orang, rasain tuh” // 
  • “ngapain kamu terbuka sama orang? Emg dia bisa nyelesain masalah kamu? Yang ada kamu dikatain, atau bahkan cuma dinasehatin doang, kamu juga tau kan nasehatnya sebenernya tentang apa?, udah pendem aja tar juga lupa kok, tar juga masalahnya ilang kalo dibuarin aja” //
  • “kamu tuh ga pantes ada disini, kamu ga akan cocok sama mereka” //
  • “sebagai sesama pasien kamu ga akan sembuh han, merekaa juga punya penyakit yang sama kaya kamu, mana bisa kamu ada disitu? Kamu ga akan memberi pengaruh apapun disitu” //
  • “udah paling bener fokus kuliah aja, itu aja kamu belum tentu bisa survive” //
  • “ga akan ada orang yang bakal ngerti kamum disini, liat tuh tatapannya, udah ga bakal bisa bersahabat sama kamu, kamu cari apa sih disini?” //
  • “ngapain sih mau pelayanan lagi? Ngapain sih ngejangkau orang lagi? Kamu ga takut nanti dinilai orang lagi dan terluka lagi? Emang pantes? Kamu aja belum bener jadi orang.” Dan masih banyak pikiran lainnya yang sering mengecohkan diri ini.

    Pikiran ini sudah memimpin diriku dalam segala tindakan ku bahkan sampai aku tak dapat mengendalikan diriku karena pikiran ini menguasai seluruhnya. Tuhan?! ternyata aku tak pernah benar-benar mencari-Nya dalam hidupku, bahkan ketika melayani pun seringkali aku mengandalkan pengertianku untuk bisa membagikan firman Tuhan. Tidak benar-benar menghidupi-nya. Sampai suatu ketika aku sadar kok rasanya hidupku ada yang salah. Aku adalah orang yang rajin ibadah, suka cari Tuhan bahkan setia dalam pelayanan sejak remaja, namun sampai saat ini aku tidak benar benar dapat melihat Allah hadir dan bekerja dalam diriku. Lalu Tuhan bawa ku flashback di kehidupan ku selama ini. DIA Tuhan yang udah nungguin aku sadar akan kondisi ku dan mau mengubahku kalau aku mau. selama ini bukan nya Allah tidak hadir dan bekerja dalam ku, namun ternyata selama ini aku yang membuat batasan dan jarak antara aku dan DIA. Aku yang seringkali menaruh selaput di mata ku hingga tidak mampu melihat DIA didalam ku, aku yang seringkali memadamkan Roh-NYA didalam ku.

    Sadar akan apa yang terjadi didalam diriku selama ini, aku minta ampun sama Tuhan. Pikiran ku membawa ku tidak mempercayai keberadaan Allah dalam hidupku, dan sekarang aku mengucap syukur buat kasih dan cintaNya yang menunggu ku sadar akan kondisiku selama ini. Lalu disinilah hubungan ini dimulai.. DIA Tuhan yanng membuka satu persatu hal yang harus kulepas dalam diriku, Dia Tuhan yang memberikan step by step langkah dalam firman-Nya yang meneguhkan langkah pemulihan ini, khususnya di Bulan Juni ini aku belajar tentang Shout of Praise. Kalau bahas firman yang dibahas sepertinya sharing ini akan panjang sekali.. sharing firmannya akan dishare di postingan berikutnya ya.

    Apa yang aku nikmati di tema ini adalah tentang betapa aku menyadari besarnya kuasa pujian dalam diriku. Seperti Allah membawa Bangsa Israel melalui hamba-Nya Yosua mengelilingi tembok Yerikho untuk dimenangkan, aku menikmati Allah juga memanggil ku disini untuk mengelilingi tembok pikiran yang kubangun sejak lama. Sebenarnya bukan berarti aku tidak pernah memuji Tuhan sebelumnya. Aku hanya tidak melakukannya dalam setiap waktuku. Ketika aku marah, ketika aku kecewa, ketika aku sedih, ketika aku bahagia, ketika aku senang, ketika aku putus asa, bahkan ketika aku dalam keadaan baik baik saja. Lebih banyak dalam waktu kelamku, aku kabur bersembunyi dari Tuhan dan mencari kesenangan ku untuk melupakan perasaan itu.

    Aku percaya setiap tema yang Tuhan percayakan untuk dapat ku nikmati dalam ibadahku bukan Cuma sekedar angin lalu bagi ku. Maka tema ini pun bukan tema biasa. Sangking muaknya aku dengan keadaan ku yang seperti ini, aku menerapkan firman ini dlm hidupku. Ketika aku marah aku memuji Tuhan, ketika aku sedih aku memuji Tuhan, ketika aku kecewa aku memuji Tuhan, ketika aku bahagia aku memuji Tuhan bahkan ketika pikiranku ga ngapa-ngapain (yang biasanya di keadaan ini lah pikiran ku bekerja untuk berangan-angan palsu untuk ku) aku memuji Tuhan, dalam waktu belajar ku, waktu mandi, sebelum tidur bahkan dalam waktu olahragaku, aku memuji Tuhan and it works!

    Aku benar-benar muak hidup dipimpin sama pikiranku, aku tau yg bikin aku muak juga bukan aku tapi Roh kudus. Dia tuh kerja nya lembut bangeeett.. sampe aku juga bingung ko bisa harus selama ini untuk aku bisa bergerak untuk lepas dari dosa ini. Tapi sekali lagi Roh kudus, Tuhan dan Bapa kita itu cara kerjanya lembut banget. Dia ga pernah memaksa kita, namun dia tetap Allah yang memperlihatkan konsekuensi dari apa yang kita lakukan. Karena aku ga mau dibentuk sama Tuhan, menolak pengenalan akan Nya, aku memakai pikiran ku sendiri untuk hidup maka aku ga akan pernah bisa melihat Allah bekerja didalam ku.

    So.. aku berdoa untuk kita semua yang hidupnya yang masih berjuang keluar dari pikiranmu.. gunakan senjata PUJIAN dalam segala aspek kehidupan kita. Karena mulai dari situ, ada kehidupan yang terus dibaharui didalam hati jiwa dan roh kita bahkan ditambahkan dalam hidup kita sebagai senjata kita. Karena ketika Roh Allah bekerja kita gabisa pungkiri sibolis juga ngerjain bagiannya untuk mencuri, membunuh dan membinasakan apa yg bisa dia (bolis) lakukan dlm diri kita. Ini bukan kata-kata untuk nakut-nakutin.. tapi ini kenyataan yang harus kita TAU bahwa kita perlu Tuhan dalam hidup kita untuk memperlengkapi diri kita dengan senjata-senjata yang DIA sediakan bagi kita untuk berperang dalam diri kita. Mulai dari PUJIAN bagi Nya dalam setiap waktu kita, memperkatakan FIRMAN Tuhan dalam diri kita (sampai telinga kita mendengar Firman itu) dan BERDOA dalam berjaga-jaga.


    Di akhir sharing ini, aku mau ajak kita semua klaim firman ini, katakan firman ini dalam keseharian mu (di waktu bangun pagi dan waktu tidur malam mu) sampai yang terbangun dalam hidup kita adalah FIRMAN Tuhan bukan lagi benteng pikiran kita.

    2 Korintus 10:4-5 (TB)  

karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,

Kamu bisa ganti kata “kami” dengan namamu, dan ini yang ku katakan dalam hidup ku “karena senjata hani dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng (pikiran). Hani mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan ku untuk menentang pengenalan akan Allah. Hani menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus.” 

Akupun masih belajar, perjuangan ini masih ku lakukan, dan aku berharap akan ada banyak orang yang juga akan berjuang untuk semakin mengenal-NYA. Tuhan memberkati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

100 Nama Alat Peralatan Tangan Bengkel

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-7752544281088251"      crossorigin="anonymous"></script> 1.      Kompressor 2.     Klem 3.     Kunci Inggris 4.     Spray Gun 5.     Mesin Las & Perlengkapannya 6.     Dongkrak Hidrolik ban 7.     Dongkrak jembatan 8.     Dongkrak penyangga (jackstand) 9.     Dongkrak botol 10.   Dongkrak buaya 11.   Penggores 12.   Penitik 13.   Jangka 14.   Kikir 15.   Gergaji besi 16.   Steel rule 17.   scriber 18.   Gerinda portable 19.   Angle grinder 20. Bench grinder 21.   Sander 22. Disc polisher 23. Wool poles 24. Pad poles 25. Jig saw machine 26. Amplas 27. Bor portable 28. Mata bor bocsh 29. Reamer tangan (peluas) 30. Pemotong ulir luar (sney) 31.   Tap tangan 32. Tangkai tap 33. Gunting tangan 34. Palu konde 35. Meja datar 36. Penjepit (ragum) 37. Palu lunak (mallet)

soal - soal pertumbuhan dan perkembangan

1. Perhatikan gambar tentang pengaruh cahaya terhadap hormon dan pertumbuhan tanaman berikut: Manakah pernyataan yang benar tentang bagan di atas? A.Cahaya mempercepat produksi auksin pada tanaman B, sedangkan cahaya menghambat produksi auksin di tanaman A sehingga tumbuh lurus B.Tanaman A dan B berbeda arah pertumbuhan karena intensitas cahaya yang diterima tidak sama C.Tanaman A mendapat cahaya dan atas sehingga auksin menuju ke bawah, sedangkan tanaman B mendapat cahaya dari samping sehingga auksin ke arah samping. D.Tanaman A tumbuh lambat, sedangkan tanaman B tumbuh cepat sehingga tanaman B membelok ke arah cahaya E.Tanaman A tetap tumbuh lurus karena sebaran auksin merata, sedangkan tanaman B tumbuh ke arah cahaya karena auksin terurai jika terkena cahaya. Jawab : E Pembahasan : Cahaya dapat menghalangi kerja auksin (auksin tidak aktif) dan menghambat pertumbuhan. Sehingga, pertumbuhan kecambah di tempat gelap lebih cepat daripada di tempat terang. Hal inilah yang

85 Nama Peralatan Tangan Bengkel beserta fungsinya

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-7752544281088251"      crossorigin="anonymous"></script> No Nama Fungsi 1. Tang Cucut Bentuknya mirip ikan cucut: moncong pipih, panjang, dan berbentuk gergaji. Sebab itu, tang ini dikenal sebagai “tang cucut”. Berfungsi sebagai penjepit kawat atau kabel . 2. Tang Kombinasi dipakai untuk beberapa keperluan  memegang benda kerja, memotong dan memunti 3. Tang kakatua dipakai untuk menjepit autau mencabut paku 4. Tang pemegang dipakai untuk memegang benda kerja dengan mulut tang yang lebar dan poros yang dapat digeser atau dirubah. 5. Tang potong biasa digunakan hanya untuk memotong kawat, tembaga, seng, dll 6. Tang pembulat biasanya digunakan untuk membuat mata itik.